Shirataki : Makanan dari Jepang yang ajaib untuk orang Diet, lho!

Shirataki merupakan hal yang cukup baru didunia diet. Beras ini diolah dari tepung terigu yang diperoleh dari akar (seperti kentang) yang disebut konnyaku dan berasal dari tumbuhan konjak. Tepung konnyaku juga dikenal sebagai “glucomannan”. Beras shirataki baru-baru ini mendapat banyak perhatian di Amerika Utara dan Eropa karena beras sebenarnya mengandung nol karbohidrat, nol kalori dan sama sekali tidak ada lemak. Oleh karena itu, beras ini telah menjadi pilihan yang lebih disukai dari banyak pelaku diet.
Pada awalnya Shirataki dikenal dalam bentuk mie. Shirataki berasal dari Jepang. Shirataki disebut juga ‘white waterfall’. Ini menunjukkan bentuknya yang bening transparan agar putih dan mulur.Shirataki mengandung 97% air dan 3% glukomanan fiber di mana serat ini cepat larut dalam air dan menyerap sehingga membentuk gel. Kemampuan penyerapan airnya yang tinggi bahkan bisa mencapai 50 kali lipat ini memberi keuntungan bagi yang ingin diet.
Serat glukomanan berperan sebagai prebiotik yang bertujuan memberi makanan bakteri baik yang hidup dalam saluran cerna atau microbiota. Dalam usus kita, bakteri baik mengubah serat menjadi asam lemak rantai pendek yang mampu melawan inflamasi dan meningkatkan daya tahan tubuh.Manfaat lainnya adalah kemampuan shirataki menurunkan kadar gula darah dan kadar insulin pada penderita diabetes tipe 2, menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida, serta memperbaiki pencernaan.

Post Author: hatefull